Media Konstruksi Indonesia - Berita konstruksi - Kenaikan Harga BBM Perpanjang Umur Cadangan Minyak RI - Referensi Yang Mencerdaskan
/ am
Kenaikan Harga BBM Perpanjang Umur Cadangan Minyak RI
Diposting oleh : Administrator Pada Rabu, 19 Juni 2013 - 12:37:26 WIB
VIVAnews - Wakil Menteri Keuangan, Anny Ratnawati, Rabu 19 Juni 2013, menyatakan, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan mengubah pola konsumsi masyarakat untuk lebih hemat, sehingga memperpanjang habisnya cadangan minyak Indonesia.

Ia menjelaskan, pola konsumsi BBM masyarakat setiap tahun naik 10 persen, dan diperkirakan habis dalam 20 tahun jika tidak ada upaya antisipasi. "Kalau pola konsumsi bisa dikendalikan, umur cadangan minyak dapat diperpanjang hingga 30-38 tahun," katanya di Jakarta.

Indonesia, dia menjelaskan, tidak dapat disamakan dengan negara seperti Venezuela dan Arab Saudi. Indonesia saat ini hanya memiliki cadangan minyak 4 miliar barel dengan 240 juta penduduk. Untuk mengangkat cadangan minyak, membutuhkan anggaran yang besar.

Cadangan minyak Indonesia jauh dibandingkan Venezuela yang memiliki 297,6 miliar barel dan penduduk 29,3 juta jiwa. Sementara itu, Arab Saudi memiliki cadangan minyak 267 miliar barel dengan penduduk sebanyak 28 juta jiwa.

"Harga BBM murah karena memiliki cadangan sebesar itu. Kita menaikkan harga BBM untuk memikirkan generasi mendatang," katanya. (art)

Baca Juga :
  • Jika Tak Selesai Saat Mudik, Tol Ungaran-Bawen Gratis
  • RI Siap Cari Minyak di Papua Nugini
  • Pemerintah Harus Tanggung Jawab Dampak Kenaikan BBM
  • Berubah Sikap, Gerindra Kini Dukung BLSM
  • Haruskah Harga BBM Naik?

  • 0 Komentar :


    Komentar Anda:
    Nama
    Email
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     

    ( Website ini akan tampak lebih baik di browser chrome atau firefox )